Rabu, 09 Desember 2009

Tips Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit karena kesalahan tubuh melaksanakan proses kimia sehingga asam urat dalam tubuh melebihi normal (Hiper uricemia). Hiperuricemia terjadi karena asam urat yang seharusnya dibuang melalui ginjal tidak segera dibuang sehingga bertumpuk dalam darah. Sepertiga kasus karena ketidakmampuan ginjal membuang asam urat.
Beberapa gejala terjadinya asam urat seperti encok yang akut yaitu rasa sakit amat sangat pada satu tulang sendi. Sendi membengkak hangat, sangat lunak, kulit jadi tegang mengkilap. Biasanya serangan pada sendi pergelangan kaki, lutut dan tangan atau lengan. Trophaccous gout : peradangan sendi karena adanya kristal asam urat pada sendi.
Untuk mengurangi atau mengatasi asam urat dapat dilakukan beberapa tips dibawah ini:
1. Menghindari makan yang mengandung kadar purin tinggi yaitu bayam, emping, nangka, daging dan terutama jeroan dan otak, serta kacang-kacangan sebagai bahan pembentuk asam urat.
2. Meminum tiga liter air per hari
3. Berupaya menurangi berat badan untuk orang gemuk
4. Olah raga secara teratur.
5. Mengkonsumsi tanaman obat yang berfungsi untuk meningkatkan aktifitas ginjal dalam membuang asam urat seperti tapak liman dan Jintan hitam (Habatussauda)
6. Mengkonsumsi tanaman obat yang memiliki efek farmakologi anti inflamasi seperti rumput mutiara,kumis kucing, tapak liman dan krokot.
7. Mengkonsumsi tanaman obat yang memiliki efek farmakologi anti toksik seperti sambiloto, rumput mutiara, dan krokot
8. Mengkonsumsi tanaman obat yang memiliki efek farmakologi analgesik seperti Brotowali, Sidaguri, dan Ciplukan.
9. Mengkonsumsi tanaman obat yang memiliki efek farmakologi melancarkan sirkulasi darah seperti brotowali, jahe merah,pasak bumi, lengkuas merah, daun dewa, dan kunyit .
10. Istirahat yang cukup.
Demikian beberapa tips, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda penderita asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar